Header Ads


Membangun Generasi Pemimpin Bangsa

Ketua Agupena DKI saat memberikan sambutan dalam even International Students Cultural Exchange Camp Bangkok Thailand 2017


Oleh: Dr. Supangat MA
Ketua Agupena DKI Jakarta
Untuk kesembilan kalinya, Bangkok menjadi salah satu tuan rumah dalam even mempertemukan ratusan siswa dari barbagai sekolah dan negara. Kegiatan ini diselenggarakan dari rabu tanggal 15 hingga Kamis 23 Maret 2017. Di tahun ini memang tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ada sekitar 200 peserta dari lebih 20 sekolah di beberapa negara antara lain Jepang, Korea, Srilanka, Indonesia dan Thailand.
Indonesia sendiri ada lima sekolah yang bergabung dari berbagai daerah yaitu Jakarta, Banten, Jambi dan Kendari. Bahkan beberapa siswa Indonesia sendiri sudah mewakilkan ada empat agama yang terlibat, sehingga nuansa cultural exchange sangat terasa. Bagi penulis kondisi plural ini memang salah satu tujuan diselenggarakan even ini, dan hampir setiap tahun penulis hadir dan terlibat aktif didalamnya.
Ada minimal lima proses pembelajaran yang anak-anak dapatkan dalam even ini, Pertama, Jiwa Keberanian, misalnya keberangkatan ke luar negeri, berkenalan dengan teman baru, satu group dengan berbeda Negara, dan lainnya, minimal bentuk keberanian dalam event ini adalah keharusan siswa bekomunikasi dalam Bahasa internasional (Inggris) dengan semua peserta. Kedua, Membangun Kemampuan Leadership, banyak permainan yang harus dijalani dengan memberikan kesempatan anak-anak memimpin team yang terdiri dari beberapa sekolah dan negara. Ketiga, Siap Innercultural, mempelajari dan menguasi budaya sendiri harus dialkukan sebelum siswa mengenal budaya sekolah atau Negara lain. Keempat, Memahami Cultural Exchange, ada lebih 20 sekolah dari 6 negara yang harus siswa mengerti budayanya, padahal mempelajari antar budaya di satu Negara saja cukup menguras energi karena kita memiliki 14.000 lebih pulau misalnya siswa dari Jakarta baru mengerti kalau Jambi dikenal sebagai Suwarna Bhumi yang menjadi nama Airport di Thailand. Kelima, Melakukan Comparative Studies, setlah melakukan belajar bersama antar budaya dari beberapa negara, maka siswa menjadi semakin yakin bahwa budaya mereka memang yang terbaik untuk masyarakat mereka demikian juga agama yang mereka pilih.
Kegiatan yang kami selenggarakan di Bangkok Thailand di setiap tahun pada bulan Maret ini, memang untuk membangun kesadaran bahwa perbedaan itu adalah karunia Allah yang harus kita syukuri dan menjadi ajang perlombaan dalam kebaikan sebagaimana terungkap dengan jelas pada Al Quran Surat al-Hujurat ayat 13 dan Al Baqorah ayat 148. Mari bergabung untuk mendidik generasi pemimpin bangsa ke depan.


No comments

Powered by Blogger.