Header Ads


Kenali Permintaan Anak yang Tidak Pernah Mereka Ucapkan


Oleh: Nu'man Nasif N.

Jika saya bertanya kepada anda "Apakah anda sayang kepada anak anda?" sebagian besar pastinya akan menjawab YA kami sayang.

Kasih sayang orang tua kepada anak memang sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan malah sampai berlebih.Dalam masalah kasih sayang antara anak-orang tua ataupun sebaliknya, Islam telah mengaturnya secara sempurna, adab-adabnya pun lengkap diajarkan..

Tapi tahuakah anda ayah bunda, sejauh mana anda sayang kepada anak bisa diliat dari seberapa besar anda bisa mengerti "needs" mereka. Berdasarkan penelitian dari para Psikolog, setidaknya ada 16 permintaan anak yang mungkin tidak pernah mereka ucapkan, yang para orang tua seharusnya pengertian kepada mereka, berikut ini adalah daftarnya:..

1. Cintailah aku sepenuh hatimu.
Semua anak ingin dicintai. Diucapkan maupun tidak, ia butuh kasih sayang yang besar dari anda. Jangan pernah sampai berkurang kasih sayang anda kepada anak anda sedikitpun, atau anda akan menyesal nantinya.


2. Aku ingin jadi diri sendiri, maka hargailah aku.
Yang kedua adalah anak ingin dihargai. Biarkan mereka bereksplorasi mau menjadi apa, yang anda perlukan adalah pendampingan saja. Berilah masukan yang positif kepada peran anak anda.


3. Cobalah mengerti aku dan cara belajarku.
Banyak orang tua yang memaksakan anaknya menghafal materi-materi berat. Padahal anaknya tidak suka menghafal, dia lebih dominan di audiovisual. Orang tua perlu mempelajari pula gaya belajar masing masing anak, ingat bahwa anak anda adalah anak yang terlahir unik.


4. Jangan marahi aku di depan orang banyak.
Jangan pernah lakukan ini karena anak anda bisa down dan minder.


5. Jangan bandingkan aku dengan Kakak atau adikku atau orang lain.
Jangan pula membandingkan anak anda dengan anak lain, setiap anak ingin jadi diri mereka (poin ke 2), gali terus potensi diri mereka. 


6. Ayah Bunda jangan lupa, aku adalah fotocopy-mu.
Children see children do, isitilah ini mungkin tepat menggambarkan apa yang anda lakukan akan tercermin pada anak anda. Berikan contoh-contoh positif berupa kebiasaan-kebiasaan sunnah, sehingga anak anda meniru betul dengan apa yang anda lakukan.


7. Kian hari umurku kian bertambah, maka jangan selalu anggap aku anak kecil.
Pada saatnya nanti dia akan tumbuh dewasa, berilah TRUST kepada mereka. Latih TRUST sedini mungkin supaya ketika dewasa anak anda bisa dipercaya.


8. Biarkan aku mencoba, lalu beritahu aku bila salah.


9. Jangan membuat aku bingung, maka tegaslah padaku.


10. Jangan ungkit-ungkit kesalahanku.
Hmmmmm....sapa yang suka mengungkit ungkit kesalahan lama? saya yakin andapun tidak akan suka ketika kesalahan anda diungkit. Nah posisikan itu kepada anak anda. Biarkan dia mengambil hikmah dari kesalahan yang telah dia perbuat.


11. Aku adalah Ladang Pahala bagimu.
Yup, sangat jelas sekali karena anak adalah amanah terbesar dan terindah, yang nanti akan dimintai pertanggung jawaban.


12. Jangan memarahiku dengan mengatakan hal-hal buruk, bukankah apa yang keluar dari mulutmu sebgai orang tua adalah doa bagiku?


13. Jangan melarangku hanya dengan mengatakan "JANGAN" tapi berilah penjelasan kenapa aku tidak boleh melakukan sesuatu.


14. Tolong ayah ibu, jangan rusak mentalku dan pemikiranku dengan selalu kau bentak-bentak aku setiap hari.


15. Jangan ikutkan aku dalam masalahmu yang tidak ada kaitannya denganku. Kau marah sama yang lain, aku imbasnya.


16. Aku ingin kau sayangi cintai karena engkaulah yang ada di kehidupanku dan masa depanku.


Semoga bermanfaat untuk ayah dan bunda. Mari kita sama sama bangun Islamic Parenting di rumah kita bersama! Salam Dahsyat!

No comments

Powered by Blogger.