Header Ads


Yuk, Intip Pembagian Tugas di Portal Berita Online Humas Pemerintah

Oleh: Dini Safitri

Humas pemerintah adalah humas yang bekerja di kantor pemerintah. Dewasa ini, humas pemerintah juga mengelola portal berita, layaknya organisasi media pada umumnya. Salah satu humas pemerintah yang mengelola portal berita adalah humas pemerintah provinsi DKI Jakarta yang mengelola portal beritajakarta.id. Ada dua belas divisi yang ada di portal online di humas pemerintahan. Pertama adalah Pimpinan Redaksi. Pimpinan redaksi sedikitnya memiliki tiga garis besar tugas, yaitu: mengontrol pembuatan berita yang dibuat di beritajakarta.id, mengikuti rapat yang diadakan langsung oleh direktur pusat dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan.

Kedua adalah sekretaris redaksi. Secara garis besar ada lima tugas yang dilaksanakannya, yaitu: (a). Mengkoordinir seluruh kegiatan kesekretariatan redaksi, (b). Memberikan pelayanan fasilitas yang diperlukan oleh redaktur maupun wartawan, (c). Mencatat dan membukukan surat-surat yang masuk, (d). Menyiapkan dan mengalokasikan anggaran bagi redaksi dan wartawan, dan (e). Menjawab surat-surat yang masuk dalam kaitannya dengan tugas redaksional.

Ketiga adalah redaktur pelaksana. Redaktur pelaksana kurang lebih memiliki empat tugas, yaitu: (a). Membuat perencanaan isi materi yang akan dimuat dalam koran baik berupa berita, foto maupun iklan, (b). Mengkoordinir para redaktur dengan publikasi masing-masing, termasuk desain grafis dan produksi, (c). Memeriksa dan mengkoreksi hasil kerja redaksi, dan (d). Mengawasi kelancaran dan alur naskah secara timbal balik dari reporter ke redaksi, ke redaktur bahasa, dan final cek untuk kemudian dialurkan ke desain grafis dan produksi.
Keempat adalah Reporter. Reporter humas pemerintahan memiliki tugas yang umumnya sama dengan reporter pada umumnya, hanya saja ada beberapa kekhususan yang harus dilakukannya, antara lain: (a). Mencari dan mewawancarai sumber berita yang ditugaskan redaktur atau atasan, (b). Menulis hasil wawancara, investasi, laporan kepada redaktur atau atasannya, (c). Memberikan usulan berita kepada redaktur atau atasannya terhadap suatu informasi yang dianggap penting untuk diterbitkan, (d). Membina dan menjalin lobi dengan sumber-sumber penting di berbagai instansi, dan (e). Menghadiri acara press konferensi yang ditunjuk redaktur, atasannya, atau atas inisiatif sendiri.

Kelima adalah kameramen. Dalam humas pemerintahan, juga memperkerjakan kameramen disamping fotografer untuk portal berita humas pemerintahan. Hal ini dikarenakan humas pemerintahan juga dituntut untuk merekam secara langsung peristiwa penting yang berhubungan dengan atasan. Kameramen bertanggung jawab terhadap pergerakan dan penempatan kamera dan juga pencahayaan dalam suatu adegan. Kecuali dalam unit produksi yang kecil, penata fotografi tidak melakukan pengoperasian kamera selama syuting yang sesungguhnya. Keenam adalah fotografer. Fotografer tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita yang dibuat reporter. Ketujuh adalah editor bahasa Inggris. Editor Bahasa Inggris bertugas mengelola berita dalam format bahasa Inggris. Dalam kanal humas pemerintahan juga tersedia kanal untuk berita berbahasa Inggris.
Kedelapan adalah webmaster. Webmaster bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, mengelola dan memelihara situs web agar tetap dapat berjalan dengan baik. Hal lain yang harus dilakukan adalah merawat dan mengembangkan sistem atau program yang digunakan. Ia juga bertugas membuat situs web dapat dinikmati pengunjung, menjaganya dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari dalam maupun dari luar yang dapat disebabkan oleh ulah manusia maupun software.
Kesembilan adalah web aplication. Web application bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara informasi informasi pada situs web sesuai kanal-kanal yang tersedia pada web beritajakarta.com. Kesepuluh web desain. Web desain bertugas mendesain halaman web, terutama bagian frontend. Pemilihan bentuk desain, pemilihan warna yang akan digunakan merupakan penentu akhir desain yang dapat membuat takjub pengunjung ketika melihat halaman web yang dirancangnya. Web Designer juga bertugas untuk memastikan tampilan web tetap responsive sehingga pengunjung merasa nyaman meskipun mengakses website dengan perangkat yang berbeda baik dari komputer desktop, gadget, ataupun smartphone.
Kesebelas adalah Web Programmer. Tugasnya adalah membuat coding agar dapat diakses di browser, membuat sistem berjalan dengan baik, membuat, merancang, dan mengelola database yang digunakan dari sistem yang telah direncanakan, menggabungkan antara desain dan program berjalan menjadi satu.

Yang terakhir, kedua belas adalah admin Media Sosial. Admin media sosial bertugas mengurusi akun-akun sosial media yang dimiliki humas pemerintahan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, atau Google+. Admin sosial media bekerja mengupload gambar, tulisan, iklan, dan merespon komentar. Walaupun demikian, tanggungjawabnya tidak hanya seputar mengupload maupun merespon komentar. Tapi juga berkoordinasi dengan atas mengenai materi atau isi yang akan dimuat, terutama yang berhubungan dengan komentar.

No comments

Powered by Blogger.